Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Kiat Jitu Melamar Kerja Online

Teknologi memberikan banyak kemudahan bagi kita untuk bertukar informasi dan mengirim pesa 7 Tips Jitu Melamar Kerja Online

Teknologi menunjukkan banyak kemudahan bagi kita untuk bertukar berita dan mengantarpesan lewat email. Banyak perusahaan yang telah menggunakan teknologi untuk membuat lebih mudah dalam pencarian tenaga kerja gres.

Informasi ihwal lowongan pekerjaan sekarang gampang di mampu melalui online, melamar kerja juga makin mudah alasannya anda mampu melamar kerja online.

Anda sekarang tidak butuhrepot ke kantor pos untuk mengantarkan lamaran pekerjaan, kini lamaran kerja lebih mudah dan mudah diantarvia email.

Namun, ada beberapa hal yang kadang dilupakan oleh para pelamar kerja. Kali ini akan memberikan tips untuk anda yang ingin melamar kerja online via online.

Berikut 7 hal yang perlu anda perhatikan sebelum melamar kerja online via email

1. Membaca deskripsi pekerjaan dengan seksama

Sebelum mengantaremail lamaran kerja, pastikan anda membaca deskripsi pekerjaan dengan seksama. Kepraktisan melamar kerja online sering kali membuat kita jadi melupakan isu penting dalam lowongan pekerjaan.

Persyaratan dan dokumen apa saja yang harus disertakan, dan yang terpenting yakni alamat email perusahaan yang akan anda lamar.

2. Siapkan CV terbaikmu

Curriculum Vitae atau orang lazimmenyebutnya dengan CV ialah dokumen yang wajib anda siapkan dalam proses melamar pekerjaan.

CV merupakan dokumen yang berisi detail info perihal diri seseorang, seperti nama lengkap, alamat, latar belakang pendidikan, organisasi, pengalaman kerja dan skill yang kita miliki.

Bukan cuma kelengkapan data, CV juga merupakan bentuk perkenalan diri anda kepada perusahaan. Sebelum melamar kerja semestinya periksa, perbaiki dan tentukan terlebih dahulu CV supaya maksimal cocok dengan bidang pekerjaan yang anda lamar sehingga CV anda dilirik oleh HRD.

3. Menyiapkan Cover Letter

Melamar kerja online memang memberi banyak akomodasi, tetapi demikian anda juga perlu merencanakan cover letter. Sama dengan lamaran, cover letter ialah surat pengantar dikala anda akan melamar kerja.

Cover letter yang baik akan memberikan kesan profesional terhadap anda di mata HRD. Buat cover letter dengan menggunakan kata-kata dan etika yang sopan seolah anda sedang memperkenalkan diri anda di depan HRD.

4. Etika melamar kerja online via email

Saat anda melamar via email jangan lupakan budpekerti pengantaran email. Cobalah menunjukkan sapaan saat mengantaremail.

Contoh “Selamat siang Bapak/bu, perkenalkan saya Nisa bermaksud mengajukan lamaran kerja pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Untuk materi pertimbangan aku lampirkan data yang diperlukan. Atas perhatiannya aku ucapkan terimakasih.”

Jangan biarkan email kosong dan cuma berisi data lamaran anda. Anda mesti menambahkan beberapa kata pengantar agar menyebabkan kesan yang positif dan profesional kepada perusahaan yang anda lamar.

5. Mengisi subjek email melamar kerja online yang bagus

Jika anda akan melamar kerja online via email jangan pernah terlewat untuk mengisi subjek email. subjek email yang tepat akan menolong HRD apakah posisi lamaran pekerjaan yang Anda apply.

Contoh “Lamaran kerja (posisi yang anda lamar)” jangan hanya menuliskan CV saja. Hal ini tergolong dalam etika mengantarlamaran via email.

Jika anda mengosongkan subjek atau menulis dengan asal maka bukan tidak mungkin email anda akan terlewat oleh HRD. Karena perlu di ingat email yang masuk bukan hanya email dari pelamar kerja saja.

6. Memastikan kembali sumber lowongan pekerjaan

Info lowongan pekerjaan yang makin mudah didapat tidak menjamin setiap lowongan pekerjaan yang ada valid. Anda perlu memutuskan diri apakah lowongan yang anda olok-olokan benar atau cuma fiktif belaka dan bahkan penipuan.

Caranya yaitu dengan mencari website resmi perusahaan yang anda lamar dan menghubungi contact person yang tercantum untuk menanyakan lamaran yang hendak anda lamar.

Semakin banyak isu maka anda juga harus semakin berhati-hati dan selektif. Anda bisa mempergunakan Lokenesia.id selaku salah satu website yang menampilkan info lowongan kerja modern dan terpopuler.

7. Perhatian waktu mengirim email

Anda mampu mengantaremail pada waktu jam kerja, antara jam 9 sampai jam 3 sore. Diluar waktu tersebut ialah waktu istirahat sehingga akan sungguh jarang sekali HRD menyaksikan email.

Jika anda mengirim email pada waktu yang tidak masuk akal seperti tengah malam, maka jangan berharap email anda akan segera di proses oleh HRD.

Itulah 7 kiat jitu melamar kerja online dari dalam melamar kerja via email. jangan sampai anda melewatkan peluang alasannya kurang teliti dan tidak mengamati kiat diatas.

Selamat mencoba dan supaya sukses !